SISKOMDIG : Pengolahan Data Informasi dengan Office #1

 APLIKASI PENGOLAH KATA (Microsoft Word)

PENGERTIAN

Pengolahan data pada zaman sekarang ini sebagian besar melalui perangkat elektronik. Keuntungan yang didapat dengan pengolah data melalui perangkat elektronik adalah data yang dihasilkan dapat lebih cepat tersaji, bahkan dengan nilai keakuratan yang lebih tinggi. Tidak terkecuali pada bidang perkantoran, informasi – informasi yang ada telah diolah menggunakan aplikasi khusus perkantoran atau biasa disebut office suite (aplikasi perkantoran). Aplikasi yang biasa digunakan dalam perkantoran terdiri dari Pengolah Kata, Pengolah Angka, Aplikasi Presentasi. Paket aplikasi perkantoran yang paling dominan saat ini adalah Microsoft Office. Paket Microsoft Office terdiri dari Microsoft Word (Pengolah Kata), Microsoft Excel (Pengolah Angka), dan Power Point (Aplikasi Presentasi). Microsoft Office memiliki beberapa versi, saat ini versi yang banyak digunakan adalah versi Microsoft Office 2010.

Salah satu kegiatan mengelola informasi digital adalah menulis/membuat/menyusun naskah digital menggunakan aplikasi pengolah kata. Aplikasi pengolah kata (word processing) merupakan perangkat lunak yang digunakan khusus untuk malakukan pemprosesan kata. Penggunaan aplikasi pengolah kata biasa untuk tulis – menuli surat, membuat brosur, karya ilmiah, buku, majalah, dan lainnya. Contoh Aplikasi Pengolah Kata dapat dibedakan berdasarkan sistem operasi yang ada dalam komputer. Sistem operasi LINUX bisa menggunakan aplikasi Star Office, Abi Word, LyX, KlyX, Open Office, Kword, Word Perfect. Sedangkan untuk sistem operasi MacOS bisa menggunakan aplikasi I Works Pages,  Open Office, Word Perfect. Terakhir Windows yang merupakan sistem operasi paling banyak digunkan aplikasi pengolah kata yang sering digunakan adalah Microsoft Word 2010.


JENIS JENIS TOMBOL PADA KEYBOARD



Tombol keyboard dapat dikelompokkan menjadi lima , yaitu :

  1. Tombol Modifikasi Ctrl ,shift dan alt
  2. Tombol Nafigasi Up , down , right , left , page up/page down dan home/end
  3. Tombol Pengunci Caps lock , num lock dan scroll lock
  4. Tombol Edit Enter , tab , backspace , space bar , delete , insert
  5. Tombol Ketik Semua tombol yang belum disebutkan diatas

Fungsi Dari Tombol Keyboard

  1. ALT  + F4 Berfungsi sebagai jalan pintas atau shortcut untuk menutup program aplikasi yang   sedang berlangsung
  2. CTRL + ALT + DEL Berfungsi untuk menampilkan task manager
  3. F1 Berfingsi untuk menampilkan menu bantuan
  4. ESC Berfungsi untuk membatalkan perintah
  5. Tanda Panah berfungsi untuk menggeer kursor
  6. Enter berfungsiuntuk mengeksekusi perintah
  7. Delete berfungsi untuk huruf yang ada disebeleh kanan kursor
  8. Home berfungsi untuk memindahkan kursor awal baris
  9. And berfungsi untuk memindahkan kursor keakhir baris

Berikut adalah beberapa fungsi tombol pada keyboard:

No

Shortcut

Fungsi

1

Ctrl + A

Select All

2

Ctrl + B

Bold

3

Ctrl + C

Copy

4

Ctrl + D

Font

5

Ctrl + E

Center Alignment

6

Ctrl + F

Find

7

Ctrl + G

Go To

8

Ctrl + H

Replace

9

Ctrl + I

Italic

10

Ctrl + J

Justify Alignment

11

Ctrl + K

Insert Hyperlink

12

Ctrl + L

Left Alignment

13

Ctrl + M

Incrase Indent

14

Ctrl + N

New

15

Ctrl + O

Open

16

Ctrl + P

Print

17

Ctrl + Q

Normal Style

18

Ctrl + R

Right Alignment

19

Ctrl + S

Save / Save As

20

Ctrl + T

Hanging Indent

21

Ctrl + U

Underline

22

Ctrl + V

Paste

23

Ctrl + W

Close

24

Ctrl + X

Cut

25

Ctrl + Y

Redo

26

Ctrl + Z

Undo

27

Ctrl + 1

Single Spacing

28

Ctrl + 2

Double Spacing

29

Ctrl + 5

1,5 lines

30

Ctrl + Esc

Start Menu

31

F1

Menjalankan fungsi pertolongan yang disediakan pada Word

32

F2

Memindahkan teks atau objek yang dipilih

33

F3

Menjalankan perintah AutoText

34

F4

Mengulangi perintah sebelumnya

35

F5

Menjalankan perintah Find and Replace atau Goto

36

F6

Menjalankan Perintah Other Pane

37

F7

Memeriksaan kesalahan ketik dan ejaan teks

38

F8

Awal perintah penyorotan/pemilihan teks atau objek

39

F9

Mengupdate Field (Mail Merge)

40

F10

Mengaktifkan Menu

41

F11

Memasukkan field berikutnya (Mail Merge)

42

F12

Mengaktifkan dialog Save As

43

Esc

Membatalkan dialog / perintah

44

Enter

Melaksanakan pilihan atau mengakhiri suatu paragraf

45

Tab

Memindahkan teks sesuai dengan tanda tab yang ada pada ruler horizontal

46

Windows

Mengaktifkan Menu Start

47

Shortcut

Mengaktifkan shortcut pada posisi kursor

48

Delete

Menghapus 1 karakter di sebelah kanan kursor

49

Backspace

Menghapus 1 karakter di sebelah kiri kursor

50

Insert

Menyisip karakter di posisi kursor

51

Home

Memindahkan posisi kursor ke awal baris

52

End

Memindahkan posisi kursor ke akhir baris

53

Page Up

Menggulung layar ke atas

54

Page Down

Menggulung layar ke bawah

55

Up

Memindahkan kursor 1 baris ke atas

56

Down

Memindahkan kursor 1 baris ke bawah

57

Left

Memindahkan kursor 1 karakter ke kiri

58

Right

Memindahkan kursor 1 karakter ke kanan

59

Num Lock On

Fungsi pengetikan angka-angka dan operator matematik aktif

60

Num Lock Off

Fungsi tombol navigasi aktif

61

Shift + F10

Membuka menu pintas, sama seperti mengklik kanan

62

Alt

Penekanan tombol yang tidak dikombinasikan dengan tombol lain hanya berfungsi untuk mengaktifkan atau memulai penggunaan menu bar

63

Shift + Delete

Menghapus item yang dipilih secara permanen tanpa menempatkan item alam Recycle Bin

64

Ctrl + Right Arrow

Memindahkan titik penyisipan ke awal kata berikutnya

65

Ctrl + Left Arrow

Memindahkan titik penyisipan ke awal kata sebelumnya

66

Ctrl + Down Arrow

Memindahkan titik penyisipan ke awal paragraf berikutnya

67

Ctrl + Up Arrow

Memindahkan titik penyisipan ke awal paragraf sebelumnya

68

Alt + F4

Menutup item aktif, atau keluar dari program aktif

69

Alt + Enter

Menampilkan properti dari objek yang dipilih

70

Alt + Spacebar

Buka menu shortcut untuk jendela aktif

71

Ctrl + F4

Close dokumen aktif dalam program-program yang memungkinkan Anda untuk memiliki beberapa dokumen yang terbuka secara bersamaan

72

Alt + Tab

Switch antara item yang terbuka

73

Alt + Esc

Cycle melalui item dalam urutan yang telah dibuka

74

Ctrl + Shift + Tab

Bergerak mundur melalui tab

75

Shift + Tab

Bergerak mundur melalui pilihan







MANFAAT/FUNGSI

Microsoft Word 2010 adalah aplikasi pengolah kata yang sangat populer pada saat ini, Aplikasi yang dikembangkan oleh Microsoft ini terdapat dalam satu paket Microsoft Office 2010. Microsoft word yang paling sering dipakai oleh kebanyakan orang selain microsoft excel dan power point. Dengan microsoft word dapat memudahkan kerja manusia dalam melakukan pengetikan surat maupun dokumen lain.

 

Fungsi Microsoft Word 2010

• Membuat  dokumen dan menyimpan dokumen

• Membuat surat

• Membuat grafik dan tabel

• Membuat tulisan dengan berbagai variasi (warna dan jenis huruf)

• Memasukan gambar


MENGOPERASIKAN MICROSOFT WORD 2010

Sebelum memulai Microsoft Word, terlebih dahulu mengecek komputer apakah program Microsoft Word 2010 ini sudah terinstal atau belum. Jika sudah terinstal, anda bisa menggunakannya untuk berbagai keperluan.

 

Membuka Microsoft Word 2010

1. START --> All Programs --> Microsoft Office --> Microsoft Word 2010

atau

2. Double klik Icon Microsoft Word 2010 di Desktop

 

TAMPILAN AWAL APLIKASI

Aplikasi Ms Word 2010 akan tampil saat mengerjakan cara diatas. Tampilan Ms. Word 2010 sangat mudah dipahami. Perhatikan gambar berikut ini:




Penjelasan dari bagian - bagian tampilan (interface) Ms.Word 2010 :

  • Quick Access Toolbar, kumpulan ikon atau tombol shortcut yang paling sering digunakan seperti New, Open, Save, Undo, Redo
  • Title Bar : merupakan nama file dari dokumen yang terbuka
  • Ribbon merupakan menu yang berisi kumpulan ikon perintah yang berhubungan dengan pengaturan file dokumen. Atau Ribbon adalah deretan tab berdasarkan kategori fitur - fitur tertentu yang sudah dikelompokan
  • Tab adalah sederetan menu yang ditandai dengan teks. terdiri dari tab File, Insert, Page Layout, dll
  • Grup Ribbon adalah kelompok menu dalam tiap Ribbon yang memiliki kesamaan fungsi
  • Work Area atau Lembar kerja : merupakan tempat yang digunakan untuk mengetik teks pada microsoft word. Work area pada microsoft word sering disebut sebagai PAGE/WORKBOOK
  • Zoom Level merupakan merupakan bagian yang berisi tombol-tombol perintah yang mengatur besar kecilnya tampilan lembar kerja

File

File berisi ikon-ikon perintah yang berhubungan dengan pengaturan file dokumen

Keterangan :

 New : digunakan untuk membuat dokumen baru (CTRL + N)

Open : digunakan untuk membuka dokumen (CTRL+O)

Close : digunakan untuk menutup dokumen (ALT+F4)

Save : digunakan untuk menyimpan dokumen (CTRL + S)

Save As : digunakan untuk menyimpan dokumen dengan nama yang berbeda

Print : digunakan untuk mencetak dokumen (CTRL+P)

Undo : digunakan untuk membatalkan perintah terakhir (CTRL+Z)

Redo : digunakan untuk mengembalikan perintah yang dibatalkan (CTRL+Y)


Tab Home

Tab Home merupakan tab yang paling sering digunakan berisikan fitur format teks seperti font dan perubahan paragraf

Keterangan :

 Group Clipboard

Cut : berfungsi untuk memotong teks/objek yang dipilih (CTRL + X)

Copy : digunakan untuk menyalin teks atau objek yang dipilih (CTRL + C)

Paste : berfungsi untuk menempelkan hasil copy atau paste (CTRL + V)

Format painter : berfungsi untuk meniru format teks ke dokumen lainnya

 

Group Font

Font : digunakan untuk memilih jenis huruf yang digunakan

Font Size : digunakan untuk mengatur ukuran huruf

Grow Font : Untuk memperbesar ukuran huruf secara instan

Shrink Font : Untuk memperkecil ukuran huruf secara instan

Bold : digunakan untuk menebalkan teks (CTRL+B)

Italic :  digunakan untuk memiringkan teks (CTRL + I)

Underline digunakan untuk memberikan garis bawah pada teks (CTRL + U)

Change Case : digunakan untuk mengubah format penulisan huruf kapital.


Ada 5 jenis Change Case :

a) Sentence case : Teks huruf besar diawal karakter pada kata pertama

b) lowercase : Merubah semua huruf dalam kalimat menjadi huruf kecil

c) UPPERCASE : Merubah semua huruf dalam kalimat menjadi huruf kapital

d) Title Case : Huruf awal setiap kata dalam kalimat menjadi huruf besar(kapital)

e) tOGGLE cASE : Semua huruf awal pada setiap kata dalam kalimat menjadi huruf kecil sedangkan huruf lainnya menjadi huruf kapital

Clear Formatting : Untuk menghapus semua pemformatan teks terpilih

Strikethrough : untuk memberikan tanda coret pada teks terpilih

Subscript : digunakan untuk membuat teks pemangkatan yang berada dibawah

Superscript : digunakan untuk membuat teks pemangkatan yang berada diatas

Text Effect : untuk memberikan efek artistik pada teks terpilih

Text Highlight Color : untuk memberikan warna stabilo di belakang teks terpilih

Font Color : digunakan untuk memberi warna pada teks

 

Group Paragrap

  • Bullets : digunakan untuk memberikan tanda bullets
  • Numbering : digunakan untuk memberikan format penomoran secara otomatis pada suatu paragraf
  • Decrease Indent : Untuk menggeser baris kedua paragraf ke kiri
  • Increase Indent : untuk menggeser baris kedua paragraf ke kanan
  • Sort : untuk mennyortir data
  • Show Paragraph Marks : untuk menampilkan/menyembunyikan tanda koreksi paragraf
  • Alignt Text Left : untuk mengatur teks/paragraf menjadi rata kiri
  • Alignt  Text Right : untuk mengatur teks/paragraf menjadi rata kanan
  • Center : untuk mengatur teks/paragraf menjadi rata tengah
  • Justify : untuk mengatur teks/paragraf menjadi rata kanan dan kiri
  • Line and Paragraph Spacing : untuk mengatur jarak antar baris teks. atau untuk mengatus spasi pada paragaf
  • Border :  untuk memberikan garis tepi pada teks terpilih
  • Shading : untuk mengatur warna latar teks terpilih


Group Styles

Group Styles terdiri dari dua menu, Yaitu :

  • Heading Styles : digunakan untuk memberikan pilihan format penjudulan paragraf
  • Change Styles  : berisi pilihan pengaturan tema paragraf

 

Group Editing

  • Find :  untuk mencari kata tertentu dalam suatu dokumen
  • Replace : untuk mencari dan mengganti kata yang ditemukan dalam suatu dokument


 Tab Insert

 

Tab Insert, tab insert memungkinkan untuk memasukan berbagai item kedalam dokumen seperti gambar, clip art, tabel dan header dan footer

Keterangan :

 

Group Table

• Table : Digunakan untuk menyisipkan tabel pada lembar kerja

 Group Illustration

  • Pictures : untuk menyisipkan objek gambar dari direktori yang tersimpan dalam komputer pada lembar kerja
  • Clip Art :  untuk menyisipkan clip art atau gambar yang disediakan
  • Shapes : digunakan menyisipkan objek shape atau berbagai jenis bentuk pada dokumen
  • Chart : untuk menyisipkan objek grafik pada halaman
  • SmartArt : untuk menyisipkan objek struktur organisasi, flow chart dan sebagainya pada halaman.

 

Group Header & Footer

  • Header : untuk menambahkan teks/objek pada bagian header /bagian atas yang akan tampil pada setiap halaman .
  • Footer : untuk menambahkan teks/objek pada bagian footer /bagian bawah yang akan tampil pada setiap halaman
  • Page Number : untuk memberikan penomoran pada setiap halaman

 

Group Symbol

  • Equation : untuk menyisipkan format matematika pada dokumen
  • Symbol : untuk menyisipkan beberapa simbol pada dokumen

 

Tab Page Layout

Tab Page Layout pada tab ini memiliki perintah perintah unuk mengatur halaman seperti margin, orientasi, menyisipkan kolom, latar belakang dan tema.



Keterangan :

 Group Page Setup

Margins untuk mengatur batas teks pada dokument

   Untuk mengatur batas Atas kertas menggunakan menu Top

   Untuk mengatur batas Bawah kertas menggunakan menu Bottom

   Untuk mengatur batas Kiri kertas menggunakan menu Left

   Untuk mengatur batas Kanan kertas menggunakan menu Right

 

Orientation untuk mengatur posisi halaman

   Pengaturan Landscape untuk mengatur posisi kertas secara horizontal/mendatar

   Pengaturan Portrait untuk mengatur posisi kertas secara vertikal/memanjang

 

Size untuk mengatur ukuran kertas

  Berikut ini merupakan ukuran kertas yang sering digunakan dalam keseharian :

  Ukuran kertas A4 : 210 mm x 297 mm

  Ukuran kertas F4/Folio  : 216 mm x 330 mm

  Ukuran Kertas Letter : 216 mm x 279 mm

  Ukuran Kertas Quarto : 216 mm x 275 mm

  Ukuran kertas Legal : 216 mm x 356 mm

 

Colums untuk mengatur jumlah kolom teks pada halaman dokumen

 

Group Paragraph

Spacing untuk mengatur jarak antara paragraph

Indent untuk mengatur batas teks


Tab References

Tab ini memiliki perintah- perintah untuk digunakan saat membuat Daftar Isi dan halaman kutipan. Menu References berkaitan erat dengan Grup Table Of Content yang biasa digunakan untuk membuat daftar isi secara otomatis dalam microsoft word



Keterangan :

Group Table of Content

  • Table of Contents untuk mengelolah daftar isi
  • Add Text untuk mengelolah paragraph yang terpilih menjadi masukan pada daftar isi yang dibuat.
  • Update Table untuk memperbaharui daftar isi

 

Tab Mailings

Tab ini memungkinkan pengaturan dokumen untuk mengirim surat, seperti mencetak amplop, label atau pembuatan surat secara masal. Menu Mailing berkaitan erat dengan Mail Merge yang digunakan untuk membuat surat secara masal



Keterangan :

 Group Create

• Envelopes untuk membuat amplop

• Labels untuk membuat label

 

Group Start Mail Merge

• Start Mail Merge untuk membuat surat (masal) yang biasa atau berupa email

• Select Recipients untuk membuat dan memilih penerima surat    

• Edit Recepient List untuk mengubah daftar penerima surat


Komentar